Searching...
Tuesday, September 17, 2013

KEUNIKAN JEPARA

KEUNIKAN JEPARA

(Oleh Ahiq)

Berbicara mengenai keunikan dan kekhasan daerah, tentunya tidak akan ada habisnya karena setiap daerah punya keunikan masing-masing. Tapi sekarang saya akan bicara mengenai keunikan Jepara, iya kota kelahiran R.A. Kartini dan tentunya kota kelahiran saya. hehe

Dimulai dari kebiasan untuk membersihkan halaman dan mengurus sampah, ini bisa dilihat di wilayah desa yang masih menjaganya. Setiap rumah pemiliknya memiliki beban moral untuk membersihkannya sendiri dan berusaha untuk tidak mengotori sekelilingnya. Keunikan ini memang jarang ditemui di kota lain yang pernah saya singgahi. Mungkin ini yang membuat Jepara diganjar Penghargaan ADIPURA 9 kali berturut-turut. 
Program ADIPURA adalah salah satu program yang direncanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu Pemerintah Daerah, dalam hal ini Kota dan Kabupaten serta Propinsi, meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya dalam rangka mencapai Tata Praja Lingkungan (GEG). Sasaran dari Program ADIPURA adalah terwujudnya pemerintahan yang baik (good governance) dan lingkungan yang baik (good environment).

Keunikan untuk merawat lingkungan tidak harus menunggu pemerintah bicara, tapi di mulai dari rumah kita sendiri. Ketika setiap rumah sudah sadar untuk membersihkan dan menjaga lingkungannya maka ini akan lebih baik dan lebih cepat untuk menjaga kelestarian serta keindahan alam. 
"Jepara Kota Ukir, Kota Indah Nan Asri dengan Taburan Keramahan Masyarakat dan Keramahan Alam"

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!